Kamis, 25 Agustus 2011

Perbedaan Kliring dengan RTGS

Tulisan ini saya buat karena rasa kaget saya setelah saya mentransfer lewat fasilitas internet bangking dari bank BNI ke bank Mandiri setelah saya cek saldo saya ternyata dikenakan biaya administrasi sebesar Rp17.500,00. setelah saya cek ternyata terdapat 3 fasilitas, yaitu:
1.     transfer antar rekening bank (sesama BNI)
2.     transfer menggunakan kliring
3.     transfer menggunakan RTGS
terdapat  2 jenis transfer yang membingungkan bagi saya dan sekarang saya sudah ketemu jawabannya yaitu:
1.     Kliring adalah transfer rekening dari bang asal yang harus melewati BI setelah itu dari bank BI diteruskan ke bank tujuan. misalnya BNI menyetorkan uang pada BI, baru dari BI diteruskan pada Bank Penerima, sehingga membutuhkan waktu 2-3 hari. karena proses kliringnya pun ada batasannya (misalnya di atas pukul 15.00 WIB, transaksinya baru diproses keesokan harinya, artinya bisa lebih lama lagi)
2.     RTGS ternyata kepajangan dari Real Time Gross Settlement. Ini yang disebut dengan transfer real time. Jadi dari BNI, langsung diteruskan ke Bank penerima saat itu juga. Konsekuensinya, biaya transfernya jadi lebih mahal. Dari pengalaman menggunakan RTGS pada bulan september  2010 kemarin, dari bank BNI menggunakan internet banking dikenakan charge Rp. 17.500.
Semoga bermanfaat trimakasih.

Tidak ada komentar: