Minggu, 09 Oktober 2011

PARADIGMA MATEMATIKA YANG SULIT

Tidak sedikit oranga yang bilang bahwa matematika itu pelajaran yang sulit. Banyak orang yang bilang bahwa pelajaran matematika adalah pelajaran yang sulit. para siswa menganggap bahwa pelajaran matematika merupakan momok dalam dunia pendidikan.hal itu terbukti dengan banyaknya nilai jelek yang terjadi dalam kebanyakan nilai ulangan harian maupun ulangan uan. dan juga hasil survey pendapat yang diadakan kebnyakan siswa berpendapat bahwa pelajaran matematika meruakan pelajaran yang sukar dan membosankan.
Paradigma ini perlu dibenahi agar dapat menjadikan matematika sebagai pelajaran yang digemari oleh kalangan pelajar. cara yang dapat dilakuakan diantaranya adalah denagn cara :
1. pengajaran matematika hendaknya dilakukan dengan pengajaran RME (realistik Matematik Edukasi)
2. Dalam proses Pembelajaran hendakna guru tidak memberikan atmosfir yang tegang agar siswa tidak tertekan dalam proses pembelajaran.
3. Pembelajaran kooperatif sangat penting agar suasana keakraban antar siswa dan guru terjalin dengan baik.
itulah beberapa tindakan yang dapat dlakukan agar siswa menyukai pelajaran matematika sehingga matemaika tidak dianggap oleh kebanyakan pelajar sebagai mata pelajaran yang membosankan.


Kegiatan pembelajaran semacam ini sejujurnya sangat berat dilakukan oleh kebanyakan guru saat ini karena mereka malas untuk menerapkanya. banyak guru yang sampai saat ini kurang dapat menguasai pedagogi pendidikan. banyak pula guru-guru yang hanya mengejar sertifikat dalam setiap seminar daripada mengimplementasikan hal yang diperoleh selama diklat tersebut.
Akan sampai kapan paradigma pepelajaran matematika menjadi momok bagi pelajar ???
pertanyaan itu merupakan tantangan bagi kita para guru-guru muda yang masih mempunyai semangat mendidik yang tinggi.
jadikan matematika adalah pelajaran yang menyenangkan. agar generasi muda indonesia menjadi penerus bangsa yang berkompeten. ingatlah bahwa Matematika merupakan ilmu yang Universal. tanpa dasar matematika yang baik maka tertinggalah kita dari negara-negara lain.

Tidak ada komentar: